Saturday, November 04, 2006

Indonesia Masa Depan

Rendahnya mutu pendidikan merupakan permasalahan utama yang terjadi di Indonesia. Data World Bank (1998) menunjukkan rendahnya kemampuan membaca siswa SD kita jika dibandingkan dengan anak-anak dari negeri tetangga kita, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Data TIMSS (1997) menunjukkan rendahnya prestasi Matematika dan sains siswa SLTP kita dibanding dari siswa 40-an negara lain. Prestasi siswa SMU di Indonesia pun kurang memuaskan pada ajang Olimpiade Matematika Internasional (IMO) yang tiap tahun diadakan. Data Asia Week (2000) memosisikan perguruan tinggi Indonesia di peringkat bawah dalam hal mutu pendidikan tinggi.

Hal-hal tersebut merupakan fakta yang terjadi di dunia pendidikan kita saat ini. Padahal salah satu tujuan dari pembangunan di Indonesia ialah membangun manusia Indonesia seutuhnya, dan hal tersebut merupakan kunci utama Indonesia masa depan.

Ada beberapa negara maju pada saat ini yang memiliki kemiripan historis dengan Indonesia, salah satunya ialah Korea Selatan. Sebagai negara yang hancur lebur pada era 1960-an, kemajuan bangsa Korea Selatan pada saat ini dipandang sebagai sesuatu hal yang fenomenal.

Fenomena pesatnya kemajuan Korea Selatan tidak lepas dari upaya dan kerja keras bangsa ini dalam mengejar ketertinggalannya. Tiga strategi dasar yang diterapkan oleh Korea Selatan secara konsisten, yakni pertama, memantapkan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dengan tidak melupakan aspek pemerataan. Kedua, memperkuat daya saing industri. Dan ketiga, membentuk dasar persatuan, meningkatkan kemandirian dan internasionalisasi. Kebijakan ini memiliki prasayarat : stabilitas politik, adanya kepastian hukum (law enforcement) dan dukungan SDM yang berkualitas, ditandai tingginya persentase anggaran pendidikan Korea Selatan terhadap APBN negara tersebut. Prasyarat ketiga ini menjadi kata kunci pesatnya kemajuan Korea Selatan saat ini.

Mengambil pembelajaran dari Korea Selatan, maka sudah saatnya bangsa Indonesia kembali memfokuskan pada pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, yakni karakteristik SDM unggul yang dapat meralisasikan cita-cita masyarakat madani. Karakteristik SDM tersebut antaralain sebagai berikut :

ü Institutional Society (masyarakat kelembagaan)

ü Constitutional Society (masyarakat hukum)

ü Religius Society (masyarakat beragama)

ü Intellectual and egaliterian Society (masy yang intelek dan egaliter)

ü Technology-oriented Society (masy yang berorientasi pada teknologi)

Kelima faktor tersebut diatas merupakan model masyarakat modern yang ideal, dimana faktor yang satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan dalam rangka membentuk Indonesia masa depan.

No comments: